Tips Untuk Fotografer Pemula

Sebagai fotografer pemula, ini adalah beberapa saran dari saya yang mungkin dapat membantu kamu.

  1. Jangan gila-gilaan membeli peralatan yang paling mahal saat ini juga.

Mungkin untuk mendapatkan foto yang sangat bagus dengan gear pemotretan yang murah. Semakin banyak foto yang kamu ambil, semakin kamu akan tahu tentang jenis kamera yang akan kamu butuhkan saat tiba waktunya untuk melakukan upgrade. Lihat contoh di Flickr ini.

  1. Pertimbangkan mempergunakan tripod.

Di sisi lain, tripod murah layak dimiliki, terutama jika kamu memiliki tangan mudah gemetar (seperti saya). Ketika saya memakai tripod, kepuasan saya dengan kemampuan saya melejit. Untuk stabilitas lebih, gunakan fungsi timer kamera kamu dengan tripod (akan saya bahas lain waktu).

  1. Selalu bawa kameramu setiap saat.

Momen foto sering kali datang saat kamu tidak mengharapkannya. Jika kamu dapat mengusahakan agar peralatan kamu tetap simple -hanya tas kamera kecil dan tripod- kamu mungkin bisa memanfaatkan beberapa peluang tak terduga tersebut. Atau, jika ponsel kamu memiliki kamera, gunakan untuk mengambil “catatan” pada pemandangan yang ingin kamu abadikan ke kamera biasa.

  1. Buat daftar bidikan foto yang ingin kamu dapatkan.

Untuk saat-saat itu kamu tidak dapat membawa kamera kamu berkeliling, simpan buku catatan kecil untuk menuliskan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi dan foto. Pastikan untuk mencatat rincian penting, seperti pencahayaannya, sehingga kamu bisa kembali pada waktu yang sama sepanjang hari atau saat cuaca cerah. Jika kamu tidak ingin membawa buku catatan, kirimkan email menggunakan ponsel kamu, toh ini sudah jaman now ?

  1. Jangan mengabaikan hal-hal biasa untuk fotografi.

Kamu mungkin tidak melihat sesuatu yang menarik untuk dipotret di ruang tamu atau halaman belakang rumah kamu, tapi cobalah melihat lingkungan yang tidak asing lagi dengan mata yang segar. Kamu mungkin menangkap trik menarik dari cahaya atau menemukan beberapa bunga liar yang tak terduga di halamanmu. Seringkali subjek sederhana menghasilkan foto terbaik.

  1. Nikmati proses belajar, ingatlah bahwa dirimu fotografer pemula.

Bagian terbaik dari memiliki hobi seperti fotografi adalah kita tidak pernah kehabisan hal untuk dipelajari. Inspirasi ada di sekitar kamu. Lihatlah semuanya dengan mata seorang fotografer dan kamu akan melihat peluang yang tidak pernah kamu perhatikan sebelumnya.

  1. Manfaatkan sumber belajar gratis untuk dipelajari.

Jelajahi Flickr atau situs web fotografi, mungkin juga akun IG fotografer ternama

  1. Percobaan dengan pengaturan kamera kamu.

Poin objek dan bidikanmu mungkin lebih fleksibel dan kuat daripada yang kamu pikirkan. Baca manual book untuk bantuan yang menguraikan semua simbol kecil di kamera itu. Saat kamu menjelajah, cobalah memotret subjek kamu dengan beberapa pengaturan untuk mempelajari efek yang kamu sukai. Saat melihat foto kamu di komputer, kamu dapat memeriksa data EXIF ​​(biasanya di properti file) untuk mengingat pengaturan yang kamu gunakan.

  1. Pelajari aturan dasarnya.

Jumlah informasi tentang fotografi online bisa sangat banyak. Mulailah dengan beberapa artikel tentang komposisi (nanti saya coba bahas juga). Dengarkanlah apa kata fotografer yang lebih berpengalaman tentang teknik fotografi. Kamu harus tahu peraturan fotografi sebelum kamu bisa melanggarnya. Jika sudah mahir di situlah nikmatnya ?

  1. Ambil foto secara teratur.

Cobalah memotret sesuatu setiap hari. Jika kamu tidak dapat melakukan itu, pastikan kamu meluangkan waktu untuk berlatih secara teratur, jadi kamu tidak melupakan apa yang telah kamu pelajari. Cara terbaik untuk memotivasi diri adalah dengan melakukan tugas mingguan yang mungkin dapat kamu mintakan kepada saya ?, mengikuti peliputan VoP misalnya.

  1. Jangan takut bereksperimen.

Jika kamu menggunakan kamera digital, biaya kesalahan gratis. Go crazy – kamu mungkin mendapatkan dan menghasilkan sesuatu yang kamu suka. Kamu pasti akan banyak belajar dalam prosesnya.

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Yang Harus Dipahami Ketika Membuat Proposal Bisnis

Sumber gambar feature lzf/Thinkstock

arief

Father of Three, Suaminya Djati, Penggemar Kopi & Vespa, Juventini Sejati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: