Tips Membeli Kamera Bekas

Jika kamu tertarik pada dunia fotografi, tentu hal yang utama adalah memiliki kamera sendiri. Jika budget kamu tidak besar, maka kamera dan lensa bekas adalah pilihan terbaik. Jadi saya akan memberikan tips membeli kamera bekas.

Pada masa sekarang, kalau kerennya pada jaman now, hehehe… Kita ketahui harga peralatan fotografi digital terus turun secara signifikan, namun tetap saja akan sangat sulit bagi kita untuk mengeluarkan uang berjuta-juta untuk membeli kamera bermerk atau lensa baru. Di sisi positif, perlengkapan kamera (terutama lensa) tetap mempertahankan nilainya dengan sangat baik.

Akibatnya, akan selalu ada kamera, lensa, dan aksesoris kamera bekas. Sebelum kamu mengambil risiko dan membeli perlengkapan bekas, pastikan untuk mengerti bahwa peralatan yang digunakan bisa agak sulit untuk dinilai dalam hal kualitas dan harga. Sebagai fotografer (yang tanpa malu-malu mengakui memiliki sekitar 50% perlengkapan bekas dalam koleksi gear saya), berikut beberapa metode yang saya gunakan saat memutuskan untuk membeli kamera bekas.

Cara membeli perlengkapan fotografi bekas

Cek harga item yang digunakan pada sumber online terkemuka

Sekarang, hampir setiap website kamera online memiliki halaman barang bekas di situs web mereka. Ketersediaan barang jelas bervariasi, namun kita dapat melakukan cek barang sederhana yang dapat membantu dalam perkiraan harga standar saat ini yang digunakan untuk barang yang kita inginkan.

Pastikan untuk memperhatikan penilaian kualitas dan komentar setiap item, dan lihat apakah sesuai dengan harapan kamu. Seringkali barang bekas yang harganya terlalu rendah memiliki semacam masalah tampilan (bodi) atau mekanik, jadi jika kamu merasa mendapatkan penawaran yang menakjubkan, curigailah.

Alasan lain untuk curiga dengan harga yang sangat rendah adalah bahwa mereka mungkin barang black market, yang pada dasarnya tidak disertai jaminan pabrik. Cara terbaik untuk memeriksa apakah itu barang resmi adalah menemukan nomor seri dan merujuknya ke database pembuat kamera.

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Setting ISO di Fotografi Digital

Keuntungan membeli gear online bekas adalah seringnya gear sudah diperiksa dan dikeluarkan rating oleh pengecer. Mungkin juga ada kemudahan dalam hal menukar dan pengembalian jika kita tidak puas dengan pembelian tersebut. Pastikan untuk mengecek dan pastikan kamu tahu siapa penjualnya, terutama di forum atau group FB, yang memungkinkan penjualan antar personal dapat dilakukan.

Lihat iklan baris koran lokal atau group FB

Coba cek komunitas lokal atau publikasi di koran atau group FB, atau lihat apa yang tercantum dalam forum fotografi lokal kota kamu. Keuntungan untuk membeli perlengkapan kamera bekas model ini adalah kemungkinan untuk menguji peralatan sebelum kamu membelinya.

Khawatir jika bertemu orang asing untuk transaksi bisnis? Pilih tempat pertemuan di tempat publik seperti mall atau cafe. Selain itu, saya menemukan bahwa banyak penjual perlengkapan kamera di daerah sekitar kita cenderung merupakan fotografer profesional, dan dengan demikian nama dan portofolio mereka dapat dengan mudah diteliti secara online sebelum bertemu langsung, misalnya dengan memantau FB atau IG mereka. Jika kamu memilih transaksi langsung, terangkan bahwa kamu hanya akan membeli jika hasil tesnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Cara Menentukan Kualitas Lensa yang Digunakan

Lensa relatif mudah untuk dinilai dari sisi kualitas. Pertama, selidiki lensa secara menyeluruh dan waspadai masalah umum seperti jamur, debu, dan goresan.

Ceklah dengan melihat cahaya melalui lensa, dan setiap cacat harus terlihat. Perhatikan bahwa beberapa masalah seperti debu dan goresan kecil kemungkinan hanya akan merusak penampilan/bodi dan seharusnya tidak mempengaruhi kualitas gambar secara keseluruhan. Catat, tanda-tanda jamur pada lensa adalah HAL UTAMA UNTUK MEMBATALKAN TRANSAKSI karena sangat sulit dan mahal untuk dibersihkan.

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Bosan Dengan Pekerjaan Anda? Apa Yang Harus Dilakukan?

Kedua, lakukan tes mekanik lensa untuk melihat kinerjanya. Sebaiknya gunakan DSLR biasa kamu gunakan untuk melihat tampilannya. Pastikan bilah aperture pada ring bersih dan bisa bergerak bebas, dan coba kedua zoom dan focus ring. Bergantung pada model lensa, jarang sekali ringnya sulit untuk digerakkan, tapi pastikan kedua elemen tadi beroperasi dengan relatif lancar. Akhirnya, periksa cara beroperasi autofocus pada lensa dan pastikan itu bekerja dengan baik.

Cara Menentukan Kualitas Tubuh Kamera Bekas

Kamera bekas bisa sedikit lebih sulit untuk dinilai. Meskipun sangat normal bodi kamera memiliki tanda-tanda fisik keausan, gunakan kesan visual awal kamera tersebut sebagai penilaian pertama. Jika kamera tampak sangat usang dan bekas, kemungkinan hal yang sama terjadi di komponen dalam. Namun, bagian paling utama dari umur bodi kamera adalah shutter atau rana, yang sangat mahal untuk diganti. Terkadang orang akan menjual kamera mereka saat rana hampir mati, yang berarti pemilik baru harus mengeluarkan banyak uang ekstra segera setelah menggantinya. Cara memeriksa jumlah rana (nanti akan saya tuliskan juga), serta berapa banyak jumlah rana dapat diterima untuk bodi yang digunakan, tergantung pada kamera dan modelnya. Pencarian dan forum Google akan menunjukkan kita beberapa sumber tepercaya.

Autofocus adalah aspek lain dari bodi kamera yang harus diuji.

Gunakan lensa yang dapat diandalkan yang kamu miliki untuk menguji kamera dan melihat bagaimana kedua autofocus, baik single dan terus menerus saat digunakan. Pada saat kamu menggunakan kamera itu, periksa juga lensa yang terpasang pada kamera dan pastikan lensa dapat terpasang dengan sempurna pada mountingnya.

Apakah kamu seorang amatir atau profesional, sah-sah saja untuk membeli perlengkapan kamera bekas. Pastikan untuk melakukan penelitian dan kamu memiliki pemahaman menyeluruh tentang produk yang sedang kamu pertimbangkan untuk membelinya. Selalu usahakan membeli dari penjual yang memiliki reputasi bagus, dan ingatlah bahwa jika kesepakatan itu harus saling menguntungkan.

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Yang Harus Dipahami Ketika Membuat Proposal Bisnis

Jadi demikianlah tips membeli kamera bekas dari saya, semoga bermanfaat.

arief

Father of Three, Suaminya Djati, Penggemar Kopi & Vespa, Juventini Sejati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: