Manjakani dan Asmarawedanya

Mendengar nama Manjakani tentulah sudah tidak asing lagi bagi para pecinta musik Nasional dan khususnye kote kite Pontianak. Manjakani adalah musisi yang berasal dan lahir dari Pontianak (Pontianak emang keren), didirikan oleh pasangan serasi dan romantis Nabilla dan Taufan sejak tahun 2015.

Kata Manjakani sendiri memiliki makna yang pas dengan prosesor ruhnya dalam menanamkan tujuan mereka. Dari Mbah Google kalo kita Tanya apa itu manjakani, maka akan muncul berbagai macam arti dan arti tersebut mempunyai maksud dan makna yang sama, intinya adalah memiliki manfaat baik bagi kita semua. Dan itulah mungkin dari analisa warung kopi kecil- kecilan ini dapat diasumsikan kenapa dua pasangan yang begitu romantis ini menamakan Manjakani, tujuannya agar karya – karya mereka dapat dinikmati dan bermafaat bagi siapa saja di bumi Tuhan ini he..he..he.

Terbukti dari nuansa folk yang menjadi barometer mereka dalam bermusik. Folk dalam pemahaman bebas adalah jenis musik yang begitu bebas, Alami, kesederhanan, berbudaya, merakyat, dan dapat dinikmati semua kalangan.

Minggu pagi kali ini entah kenapa raga digerakkan bukan untuk berolahraga tapi seperti dipaksa untuk membuka youtube he..he..he, mungkin karena pengaruh cuaca yang agak sedikit mendung, temannya yang paling pas adalah kopi dan paket data (klau gak ada paket data gimana mo browsing kkkk…setuju gak).

Pagi kali ingin mencoba serius dengarkan lagu – lagunya Manjakani dan berusaha untuk menyelam bersama mereka berdua.

Lagu yang paling awal saya dengar adalah Asmaraweda..ini lagu keren banget. Dentingan melodi gitar dan alunannya dapat memberikan Nuansa lain, segar dalam alam pikiran yang berbeda wuih..mantap hampir 10 kali saya ulang – ulang dan tidak ada bosannya.

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Dua Cara Untuk Menyingkirkan Lawan Politik

Dari penentuan judulnya aja si pembuat lirik ini pasti bukan orang sembarangan, so pasti dari kalangan dewa – dewa suci pada jaman brahmana barangkali (ha..ha.. bercanda ya bro ), yang jelas dari menetukan judulnya aja mungkin beliau gak tidur –tidur berminggu – minggu atau bertapa di goa (ha..ha..ha) untuk mengilhami lahirnya satu kata Asmaraweda, yang luar biasa memiliki makna begitu dalam dan dapat membuat orang untuk berimajianasi dalam mengartikan lirik lagu tersebut. Disitulah sisi mahalnya sebuah lirik dalam bermusik, mampu membuat pendengar/penikmat berimajinasi ketika mendegar kolaborasi antara musik, suara , dan lirik merasuki raga dan alam pikiran kita.

Kenapa Asmaraweda ? pesan apa yang akan disampaikan dalam lagu tersebut ?

Lirik : Asmaraweda

“ canda kala pandangan raut pesona
ntuk sangkar indah tak biasa
mencoba lihat bahagia

kau, mungkin kah
kau pajang kau memuja
menderita derita
membentang sayap tak sempurna
jadi lupa tuk menjadi seharusnya
indah dalam benak
tak kala ketika saat kau beri sekedar dari kehidupan
nyatanya
seharusnya
hu… uh… uh
membentang sayap tak sempurna
membentang sayap tak sempurna
membentang sayap tak sempurna
jadi ku patut menjadi seharusnya”

“Menurut @Arief Setyawan penulis lirik Amaradewa, lagu ini bercerita tentang segala sesuatu yang memiliki tempat dimana seharusnya ia berada. Seperti burung yang seharusnya terbang bebas bukan berada di dalam sangkar. Seperti ikan yang seharusnya berenang bebas bukan menjadi penghias di dalam kaca. Begitu juga dengan manusia yang seharusnya bersosialisasi sesama manusia bukan terpaku pada gawai (gadget) seperti fenomena saat ini.”

Pesan moral yang sangat suci dalam menanggapi fenomenal atas apa yang menjadi masalah saat ini. Dalam pemahaman lepas saya mengenai Asmaraweda, memiliki partisi dengan makna yang sangat luarbiasa..Weda adalah sebuah kumpulan sastra – satra suci dalam satu kitab yang diturunkan bagi umat hindu, dan bentukan historinya dipercayai Weda adalah bukan kitab manusia melainkan wahyu suci yang turun langsung dari Brahmana (Tuhan) . Terlepas dari itu semua, makna weda secara harfiah bisa diartikan sebagai suatu yang suci. Kata Asmara tentunya kita semua memahami apa makna dari kata tersebut. Asmara sudah pasti erat kaitannya dengan cinta, sayang dan kasih sayang. So Amaraweda sendiri bisa diartikan Cinta yang tulus suci atau Kasih sayang yang suci (semoga saya gak salah..mhn maaf sebelumnya..he..he..he ).

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Belajar Bahagia Dari Mantan Kernet Bus

Korelasi antara lirik syair dan judul asmaraweda, sangat memilki makna yang suci dan tulus atas rasa bentuk kepeduliannya dengan alam beserta isi –isinya. Tidak hanya fenomena gadget saja lirik tersebut berharfiah luas, kita diajak untuk selalu peduli dan cinta atas alam semesta beserta isinya, karena kata-kata sangkar indah dalam pemahaman bebas saya adalah tempat dimana kita hidup dan secara moral harus terus kita jaga.

Membentang sayap tak sempurna jadi lupa seharusnya; kalimat dari salah satu lirik tersebut dapat memberikan makna situasi yang tidak harusnya terjadi, seperti masalah korupsi dan kerusakan mental yang dibuat oleh manusia, yang tidak memahami akan dampak kerusakan alam dan kehidupan.

Pesan moral dalam lagu ini sangatlah suci, kita diingatkan untuk menjaga sangkar indah itu (bumi beserta isinya), agar tidak terkontaminasi dengan hal –hal yang merusak mental. Masa depan bagi sangkar indah itu adalah tanggung jawab kita semua, dalam menciptakan masa depan yang indah untuk anak – anak cucu kita kelak…. (maaf ya agak bebas dalam memaknainya..)

Nuansa musik Folk khususnya di Indonesia ini sudah membumi dalam setiap peradaban he..he..he, tentunya kita akan diingatkan akan sosok seperti Iwan fals, ebit G ade, dan masih banyak musisi top lainya, trendnya terus meningkat serta sangat di gandrungi oleh generasi – generasi milenial saat ini.

Mendengar suaranya Nabila (maaf ya Bang Taufan..), karakter vokalnya mengingatkan saya dengan salah satu penyanyi favourite saya ibu Alanise Morissette, seorang penyanyi berkebangsaan Kanada yang juga mengusung genre Folk ( coba deh klu gak percaya dengarin aja lagunya Ironic, Head over feet, uninvited dan Perfect he..he..he ). Dan BangTaufan sendiri mampu melengkapi karakternya Nabilla dengan nuansa petikan – petikan melodi gitar akustiknya dan back ground vocal yang sangat tulus sehingga kekuatan cinta hadir mewarnai musiknya, dan inilah yang membuat musik Manjakani mahal dalam tanda kutip akan mampu menghadiri warna baru dalam blantika musik dunia…

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Keren “Pistol For Moms” Akan Lauching Album Kedua

Manjakani akan tampil sebagai Bintang tamu dalam Konser Buku (SERBUK) pada acara Kalbar Book Fair (KBF) 2017 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan wilayah KALBAR dan di Organized oleh Swadesi Management pada tanggal 1 sd 7 November 2017.

Waaduh..masih lama ya dah gak sabar nih untuk nonton konser mereka.. ..mudah – mudahan kita slalu diberi kemudahan dan dilancarkan segalanya agar bisa hadir di SERBUK KBF 2017, Amin..YRA ( NDY,15/10/2017).

#Asmaraweda : https://www.youtube.com/watch?v=go3g45559bk
#Pontianak

endy

Endy Z. Tobing Smiling, pengasih, murah hati, penyayang dan only percaya hanya kepada 1 Tuhan??? Pernah lama tinggal di negeri antah berantah Pakistan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: