Kenapa Robo-Robo Di Adakan Di Sungai Raya?

Peringatan robo-robo merupakan resepsi budaya yang diadakan pada bulan Safar, sebagian orang meyakini bahwa dengan menggelar ritual robo-robo ini dapat menghindarkan deerahnya dari segala macam malapetaka, dengan memanjatkan doa kepada sang pencipta dan juga memberikan penghormatan kepada arwah leluhur.

Di Kubu Raya, tepatnya di Kecamatan Sungai Raya desa Arang Limbung Gang besar, ritual robo-robo ini dilaksanakan bukan hanya mengadakan ritual-ritual khusus tetapi juga mengadakan lomba-lomba hiburan rakyat yang diadakan sepekan.

Kegiatan akan yang dilaksanakan dari tanggal 15 hingga 1 Desember 2017 mendatang diinisiasi oleh Forum Masyarakat Cerdas yang dinahkodai oleh Agus Suwandi dan bekerjasama dengan Disparpora Kabupaten Kubu Raya.

Andi menyampaikan “Kegiatan ini merupakan upaya mendorong hari robo-robo menjadi event kalender tetap dinas Pariwisata yang tujuanya agar kebudayaan melayu Khususnya Kabupaten Kubu Raya terus dilestarikan”

“Kegiatan yang dibungkus dengan lomba serta hiburan rakyat ini, juga bertujuan mencari bibit-bibit pemuda yang mempunyai bakad di bidang kesenian, atlet dayung dan kebudayaan lokal.” tambahnya.

Rangkaian lomba untuk memeriahkan hari robo-robo tersebut akan dimulai pada tanggal 19 november 2017 mendatang, yang mana kategori lomba yang akan diadakan adalah lomba sampan bidar dan lomba sampan berpasangan. Di samping lomba-lomba panitia pelaksana juga akan menyiapkan hiburan rakyat dengan mendatangkan artis-artis lokal untuk menambah semaraknya peringatan tersebut.

“Harapan kami untuk kegiatan kali ini adalah semoga masyarakat khususnya etnis melayu selalu memperingati budaya ini dan kami berharap kepada masyarakat Kubu Raya, mari berpartisipasi untuk memeriahkan peringatan robo-robo di Kecamatan Sungai Raya ini.” Ujar Andi, ketua panita peringatan Robo-robo kecamatan Sungai Raya.

 

Oleh : Tiara Monica Suci

Pelajar Madrasah Aliyaah Almustaqim

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Jangan Kepruki Saya

Kubu Raya, Kalimantan Barat

Tiara Monica Suci

Pelajar Madrasah Aliyaah Almustaqim Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: