Belajar Teamwork dari Semut

Barusan saya melihat seekor kecoa mati. Lalu tak lama kemudian saya melihat seekor semut menghampiri. Rejeki nih, kata si semut. Mungkin kecoa itu adalah makanannya untuk dimakan bersama teman-temannya. Tetapi pada semut itu saya melihat sebuah keunikan. Dia tidak pernah menarik kecoa seorang diri. Jadi mari belajar teamwork dari semut.

Awalnya hanya satu, kemudian dua. Tiba-tiba dalam waktu singkat mereka bergerombol. Bisa ratusan sampai ribuan. Dan hebatnya, semut yang badannya kecil bisa menarik kecoa yang badannya begitu besar. Itu karena dia tidak pernah bekerja seorang diri. Tapi dia bekerja secara gotong royong. Gotong royong artinya mereka bekerja secara tim.

Bahkan sebesar apapun kecoa tersebut akan terangkat hanya karena semut ini mau bekerja sama atau gotong royong. Semut itu tidak ada yang merasa “saya merasa lebih hebat”atau “saya merasa lebih pintar”. Tapi semuanya satu visi, bersatu padu bisa mengangkat kecoa itu dan akhirnya dimakan bersama-sama.

Tim itu akan mati kalau ada seseorang merasa lebih hebat di dalam tim. Tim itu tidak akan efektif kalau anda masih merasa kalau anda bisa mengerjakannya sendiri. Akhirnya sama dengan kecoa dan semut tadi, kalau dia hanya sendiri.

Akhirnya si semut stress. Kecoa yang sebesar itu tidak bisa terangkat.

Di dalam bisnis itu sama. Target sebesar apapun pasti akan tercapai kalau kita mengerjakannya bersama-sama.

Bagaimana strategi yang harus dilakukan kalau anda ingin mencapai sebuah target yang paling besar, seperti kecoa itu tadi. Ya bekerja dalam satu tim!!!

Pekerjaan satu orang dikerjakan oleh 5 orang, itu akan lebih cepat selesai. Dikerjakan oleh 50 orang, itu akan jauh kebih cepat selesai. Jadi, anda jangan mengerjakan semuanya sendiri.

Oke, jadi kapan saat yang tepat untuk membangun tim?

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Jangan Lupa Elemen Strategi Pemasaran Jika Anda Memulai Bisnis

Sekarang juga!!!

arief

Father of Three, Suaminya Djati, Penggemar Kopi & Vespa, Juventini Sejati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: