Bagaimana Cara Menjadi Politikus?

Siapa yang tak kenal pemuda di samping ini? Kalau tidak kenal artinya kamu harus perbanyak membaca media dan nonton berita di televisi, bukan hanya kolom gossip dan konten ghibbah… Hehehe… Sebab belum lama ini fotonya bertebaran, apalagi setelah bertemu Presiden Joko Widodo kemarin… Dia adalah seorang politikus muda Malaysia… Bagaimana cara dia menjadi politikus? Pasti itu yang jadi pertanyaan?

Syed Saddiq Syed Abdul Rahman adalah seorang politikus dan aktivis muda dari Malaysia. Dan baru-baru ini telah diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Dewan Rakyat Malaysia Muar dan Ketua Pemuda Malaysian United Indigenous Party atau Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) , sebuah bagian dari koalisi Pakatan Harapan. Sejak Malaysia merdeka, ia merupakan satu-satunya menteri termuda dalam sejarah perpolitikan di Malaysia…

Mau seperti dia ini? Muda, keren, punya kekuasaan?

Masuklah ke dunia politik, jangan apatis dan pesimis sama dunia ini…

Politik adalah dunia yang menarik karena di sana penuh dengan dinamika, di sana penuh dengan intrik, penuh dengan manuver, sehingga dibutuhkan pengetahuan yang luas dan mendalam serta people skill yang matang untuk kamu bisa menjadi politisi yang baik dan mumpuni.

Tapi tentu saja dunia politik bukan untuk semua orang, karena kita tahu bahwa di luar sana masih banyak orang yang berpikir dunia politik dan politisi dengan konotasi yang negatif.

Padahal politisi sesungguhnya adalah profesi dan posisi yang penting serta strategis, karena politisi terlibat dalam proses kekuasaan baik mendapatkan, menjalankan, maupun mempertahankan kekuasaan.

Ujung dari kekuasaan itu sendiri sebetulnya adalah keadilan, kesejahteraan, kemakmuran dan keamanan rakyat di daerah tertentu atau di suatu negara tertentu.

Politisi juga terlibat di dalam proses kebijakan publik, membuat, merancang, dan menjalankan kebijakan publik dimana hal itu adalah kebijakan yang menyentuh hajat hidup orang banyak. Oleh karena itulah politisi merupakan posisi dan profesi yang penting dan strategis

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Tezar Haldy; Karya Adalah Investasi

Apa saja pintu untuk generasi muda masuk ke dunia politik?

Pertama adalah kamu masuk atau mengikuti organisasi massa besar atau organisasi kepemudaan.

Ada banyak ada ratusan organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia tetapi menurut saya paling tidak ada 4 basis yang berbeda.

  1. Basis organisasi massa dan kepemudaan yang merupakan sayap politik dari partai politik tertentu. Biasanya sebuah partai politik mempunyai basis organisasi kepemudaan tempat mereka melakukan training, melakukan pengkaderan secara politik. Sebagai contoh misalnya PDIP memiliki Taruna Merah Putih, atau Gerindra mempunyai Tidar yang merupakan perpanjangan tangan dari partai-partai politik yang ada di Indonesia.
  2. Basis agama; di sini mungkin bisa masuk HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), PMKRI, Pemuda dari induk organisasi besar seperti Nahdlatul Ulama (GP Ansor) dan Muhammadiyah (Pemuda Muhammadiyah)
  3. Basis nasionalis; adalah organisasi pemuda yang mempunyai orientasi terhadap masalah-masalah nasional di mana contohnya adalah KNPI, GMNI, kemudian FKPPI dan lain-lain.
  4. Basis organisasi kepemudaan dengan basis kedaerahan misalnya Perkumpulan Orang Melayu (POM), Pemuda Minang dan lain sebagainya.

Bagaimana memilihnya? Saran saya paling tidak ada dua.

Yang pertama adalah kamu pilih organisasi kepemudaan yang terdaftar di dalam Kemenpora karena bila tidak terdaftar, nanti kamu masuk ke dalam organisasi yang liar.

Yang kedua pastikan kamu masuk ke dalam organisasi massa yang cukup besar dan populer. Kenapa? Karena biasanya organisasi massa yang besar dan populer yang mempunyai cabang di hampir seluruh kota di seluruh Indonesia, mereka memiliki sistem rekrutmen dan pengkaderan yang baik, dengan mengikuti proses training politik tertentu untuk mencapai jenjang-jenjang yang ada di dalam organisasi tersebut dan biasanya mereka mempunyai ikatan alumni yang cukup kuat di mana alumni-alumninya biasanya merupakan politisi-politisi yang sekarang sedang eksis dan menjabat dalam posisi strategis di Indonesia. Biasanya mereka yang akan menjadi mentor untuk membantu kamu untuk mengarahkan agar pengetahuan dan keterampilan politik kamu bisa menjadi lebih baik.

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Afif Yang Aktif dan Arif

Pintu masuk kedua ke dunia politik yaitu kamu juga bisa masuk melalui LSM atau NGO. Kamu bisa terlibat dan bergabung di dalamnya. Lembaga swadaya masyarakat adalah sebuah lembaga non profit yang mempunyai konsep, yang mempunyai perhatian terhadap masalah-masalah tertentu di dalam masyarakat.  Ada yang tertarik pada masalah lingkungan hidup, ada yang tertarik untuk masalah pengurangan kemiskinan, LSM yang peduli terhadap nasib perempuan dan anak-anak, ada yang di bidang hukum, LSM di bidang pengawasan parlemen dan lain sebagainya.

Pastikan kamu bisa masuk ke dalam LSM yang menjadi passion kamu karena di situ kamu akan belajar khusus mengenai kebijakan publik. Bagaimana membuat kebijakan publik yang nantinya merupakan konsep utama dari para politisi.

Ketiga, masuk ke dalam partai politik. Tapi untuk kamu masuk ke dalam partai politik biasanya kamu harus memulai ‘karir’ sebagai anggota biasa. Kamu akan diberikan kartu anggota. Kemudian kamu berkarya di situ.

Kalau kamu mempunyai keuntungan khusus seperti misalnya kamu sudah populer duluan, kamu sudah terkenal, kemudian kamu memiliki track record yang jelas atau kamu mempunyai pengalaman organisasi di dalam organisasi sayap dari partai politik tersebut atau organisasi-organisasi lain ini akan memudahkan karir kamu dalam partai politik tersebut.

Ketika masuk di sana kamu harus terlibat aktif. Kamu tidak bisa menjadi anggota pasif karena para mentor kamu tidak akan bisa melihat kamu. Kamu harus terlibat di dalam kegiatan partai bukan hanya sebagai penonton tapi juga sebagai penggerak organisasi, steering committee dan lain-lain, dan tunjukkan betul-betul pikiran serta pemikiran kamu di dalam setiap diskusi atau rapat yang ada di organisasi tersebut sehingga mereka bisa melihat potensi kamu sebenarnya.

Mungkin tulisan ini juga menarik...  Tezar Haldy; Karya Adalah Investasi

Pintu masuk keempat dunia politik dan menjadi seorang politisi ini adalah langkah yang paling populer yaitu ikut dalam Pemilu sebagai seorang kandidat, bisa sebagai kandidat anggota parlemen maupun sebagai kandidat Kepala Daerah. Ini merupakan langkah yang populer tetapi untuk bisa mengantongi dan berkompetisi di dalam pemilu kamu membutuhkan tiket dari partai politik, kecuali kamu maju melalui jalur independen atau kamu maju mewakili daerah untuk menjadi anggota DPD RI.

Untuk mendapatkan tiket politik biasanya kamu akan ditanya, akan dilakukan interview oleh partai politik tertentu dimana biasanya mereka akan melihat yang pasti yaitu track record kamu dan mereka akan tanyakan dan meminta kepada kamu paling tidak 2 hal, yaitu:

  1. Apakah kamu mempunyai dana yang cukup, dana yang memadai untuk maju berkompetisi dalam proses pemilu? Ini adalah masalah pendanaan dan logistik.
  2. Berkaitan dengan kewajiban bagi kamu untuk mengikuti proses training politik atau proses untuk membuat kamu memenangkan pemilu tersebut. Training ini akan dilakukan oleh partai politik dan kamu wajib mengikuti proses tersebut.

Jika kamu menang, otomatis kamu menjadi seorang politisi, tetapi kabar buruknya hampir 200.000 orang gagal di dalam setiap kali putaran

Demikian 4 langkah untuk kamu bisa masuk ke dalam dunia politik sebagai seorang politisi. Silakan kamu mengikuti langkah yang mana yang cocok menurut kamu .

Dinamika politik Indonesia membutuhkan politisi-politisi muda yang mempunyai karakter baik dan mempunyai idealisme tinggi. Oleh karena itu, persiapkan diri kamu. Selamat bergabung di dalam dunia politik dan perubahan.

arief

Father of Three, Suaminya Djati, Penggemar Kopi & Vespa, Juventini Sejati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: